Site Loader
Faktor Penyebab Sakit Kepala Sebelah Atau Migrain

Berita Terbaru Kesehatan – Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan sindrom neurologis yang menyerang salah satu bagian kepala Anda. Menurut penelitihan, migrain umumnya lebih sering dialami oleh wani dibandingkan laki-laki. Selain nyeri pada slah satu bagian kepala, migrain juga disertai dengan rasa mual dan muntah. Sakit kepala yang dirasakan akibat gangguan pada sinus mempunyai gejala yang sama dengan gejala migrain. Migrain dibagi menjadi dua golongan, yaitu:

Faktor Penyebab Sakit Kepala Sebelah Atau Migrain

1.Migrain biasa
Migrain jenis ini lebih sering dialami oleh banyak orang. Migrain jenis biasa ditandai dengan rasa nyeri pada salah satu bagian kepala. Selain nyeri pada kepala, migrain jenis biasa juga disertai dengan rasa mual, bahkan muntah, sensitif terhadp suara, cahaya, serta bau. Namun, sakit kepala yang dialami akan membaik atau sembuh tanpa diobati pada 4 sampai 72 jam kemudian.

2.Migrain klasik
Pada migrain jenis ini, biasa akan didahului oleh gejala yang biasa disebut aura. Aura ini akan Anda rasakan 30 menit sebelum terjadi migrain. Mungkin kebanyakan orang berpendapat bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang tidak begitu besar. Namun, apabila Anda mengalami sakit kepala ini, maka Anda akan merasa tidak nyaman dan akan malas untuk melakukan aktivitas. Dalam kata lain, dampak dari migrain ini akan mengganggu rutinitas Anda. Untuk itu, sebelum Anda mengidap sakit kepala sebelah atau migrain, alangkah lebih baik jika Anda mengenali penyebab yang di ditimbulkan dari sakit kepala sebelah ini.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Atau Migrain
Menurut penelitihan, migrain disebabkan karena meningkatnya aliran darah pada otak dikarenakan adanya heperaktiftas impuls listrik otak. Akibatnya terjadi inflamasi dan plebaran pembuluh darah pada otak yang mengakibatkan rasa nyeri serta mual. Selain itu ada beberapa penyebab timbulnya migrain. Diantaranya adalah:

1.Perubahan hormon
Wanita lebih rentan terkena migrain. Hal ini dikarenakan perubahan hormon biasanya dialami oleh ibu hamildan wanita saat menstruasi. Jika tak heran jika ibu hamil dan wanita menstruasi sering mengeluh saat mengalami sakit kepala sebelah atau migrain.

2.Gelisah
Gelisah memikirkan sesuatu juga dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala sebelah. Karena ketika gelisah saraf pada otak akan tegang, sehingga timbullah rasa nyeri.

3.Stress
Stress juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah. Hal ini dikarenakan stres dapat meningkatkan tekanan darah. Sehingga orang yang stress beresiko terkena sakit kepala sebelah.

4.Telat Makan
Apabila Anda telat makan, makan kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda akan menurun. Selain berpengaruh terhadap lambung Anda, hal ini juga dapat membuat Anda merasa sakit kepala sebelah.

5.Kurang Minum
Tubuh sangat membutuhkan cairan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan mineral dalam tubuh haruslah terpenuhi. Jika tidak, tubuh tidak dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Sehingga, jika Anda kekurangan mineral otak tidak akan bekerja dengan baik dan Anda akan merasa pusing dan migrain.

6.Menghirup Asap Rokok
Anda pasti tahu bahwa rokok mengandung banyak zat kimia yang dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu, perokok akan terkena berbagai macam penyakit terutama penyakit saluran pernafasan. Ternyata rokok tak hanya merugikan orang yang mengonsumsinya saja, orang yang tidak merokok namun sering menghisap asap rokoknya pun dapat terkena berbagai penyakit seperti migrain. Oleh karena itu, hindari asap rokok atau hindari kontak langsung dengan perokok agar kesehatan Anda tidak ikut terancam.

7.Gula Darah Rendah
Gula darah memang harus stabil, tidak boleh tinggi dan tidak boleh rendah. Jika gula darah pada tubuh tergolong tinggi maka akan berujung pada diabetes. Jika gula darah rendah maka akan mengakibatkan sakit kepala sebelah atau migrain. Oleh karena itu, penuhi asupan gula pada tubuh Anda sekitar 80 gram per hari.

8.Minum Alkohol
Meminum alkohol dapat menyebabkan migrain, terlebih jika Anda meminumnya dalam jumlah yang banyak. Anda akan mengalami sakit kepala sebelah bah And akan kehilangan kesadaran.

9.Syok
Kaget atau syok terhadap sesuatu ternyata salah satu pemicu orang terkena migrain. Hal ini dikarenakan otak menerima informasi secara tiba-tiba, sehingga saraf otak berasa tegang.

Itulah beberapa penyebab dari sakit kepala sebelah atau migrain. Alangkah lebih baiknya jika Anda menghindari penyebab-penyebab diatas agar Anda tidak mengalami migrain dan aktivitas Anda tidak akan terganggu.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *